Hasil Bahtsul Mas'il Pondok Pesantren Roudlotul Anwar
HASIL BAHTSUL MASAIL PP ROUDLOTUL ANWAR PUTRA
Sabtu
4 Agustus 2018/21 dzul Qo’dah 1439 H
Deskripsi Masalah
- Kamar mandi dan
WC adalah kebutuhan setiap manusia, sehingga setiap manusia tidak terlepas
darinya. Namun sebagian manusia sering melalaikan masalah kesucian. Sebut
saja yang terjadi di PP
Roudlotul Anwar, air dalam ember yang di pakai untuk bersuci (cebok/cawik) kadang terciprati air kencing
Pertanyaan:
Bagaimana hukumnya air ember yang terkena air kencing atau air cipratan bersuci
(cebok/cawik) tersebut ??
Jawaban :
Hukumnya mutanajjis,
karena air dalam ember tersebut sedikit (kurang dari 2 qullah). Namun menurut madzhab Malikiy hukumnya tetap suci
selama airnya tidak berubah (warna, bau dan rasa).
Dan pendapat yang
kedua ini bisa menjadi solusi ketika dalam keadaan terdesak atau menimbulkan
masyaqqoh (kerepotan)
Referensi:
v
سفينة النجاة
)فصل) الماء قليل وكثير ؛ فالقليل : مادون القلتين ، والكثير : قلتان فأكثر . القليل يتنجس بوقوع النجاسة فيه وإن لم يتغير . والماء الكثير لا يتنجس إلا إذا تغير طعمه أو لونه أو ريحه
)فصل) الماء قليل وكثير ؛ فالقليل : مادون القلتين ، والكثير : قلتان فأكثر . القليل يتنجس بوقوع النجاسة فيه وإن لم يتغير . والماء الكثير لا يتنجس إلا إذا تغير طعمه أو لونه أو ريحه
اعانة
الطالبين شرح فتح المعين
واختار
كثيرون من أئمتنا مذهب مالك: أن الماء لا ينجس مطلقا إلا بالتغير،
(قوله:
واختار كثيرون الخ) مرتبط بقوله وينجس قليل الماء الخ.(قوله: لا ينجس مطلقا) أي
قليلا كان أو كثيرا.قال ابن حجر: وكأنهم نظروا للتسهيل على الناس، وإلا فالدليل
ظاهر في التفصيل.
البهجة الوردية 1/30
ﻭﻗﻴﻞ ﻻ ﻳﻨﺠﺲ ﻛﺜﻴﺮ ﺍﻟﻤﺎﺀ و ﻻ ﻗﻠﻴﻠﻪ الا ﺑﺎﻟﺘﻐﻴﺮ ﺣﻜﺎﻩ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﻋﻦ ﻃﺎﺋﻔﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ و ﻏﻴﺮﻫﻢ و ﺍﺧﺘﺎﺭﻩ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻤﻨﺬﺭ و ﺍﻟﻐﺰﺍﻟﻲ
ﻓﻲ ﺍﻼ ﺣﻴﺎﺀ و ﺍﻟﺮﻭﻳﺎﻧﻲ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺑﻴﻪ ﺍﻟﺒﺤﺮ و ﺍﻟﺤﻠﻴﺔ ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﻫﻮ ﺍﺧﺘﻴﺎﺭﻱ ﻭﺍﺧﺘﻴﺎﺭ
ﺟﻤﺎﻋﺔ ﺭﺃﻳﺘﻬﻢ ﺑﺨﺮﺍﺳﺎﻥ و ﺍﻟﻌﺮﺍﻗﻲ
ارشاد السالك إلى أشرف المسالك لشهاب الدين المالكي ص: 8
يكره الوضوء بالماء القليل الذي فيه نجاسة لم تغيره فإذا غيرته لم يصح به الوضوء
يكره الوضوء بالماء القليل الذي فيه نجاسة لم تغيره فإذا غيرته لم يصح به الوضوء
احياء علوم الدين 2- 129
وكنت أود أن يكون مذهبه كمذهب مالك رضي الله عنه
في أن الماء وإن قل لا ينجس إلا بالتغير إذ الحاجة ماسة إليه ومثار الوسواس اشترط
القلتين ولأجله شق على الناس ذلك وهو لعمري سبب المشقة ويعرفه من يجربه ويتأمله
Artinya:
Saya (Imam
Ghozali) ingin madzhab Syafi’i seperti madzhab Malik dalam arti bahwa air yang
sedikit (kurang dua qulah) tidak najis (kalau terkena najis) kecuali kalau
berubah (warna, bau, rasa). Karena, hukum seperti ini (tidak najis kecuali
berubah) sangat dibutuhkan. Disyaratkannya air dua qullah itu menjadi penyebab
was-was sehingga menyulitkan banyak orang dan hanya bisa dipahami oleh orang
yang mengerti sekaligus menelitinya. (Ihya
‘Ulumiddin juz 2 Hal 129)
Ttd
Pengurus
LBM Pusat PPRA
Komentar
Posting Komentar