Hasil Bahtsul Masa'il Pondok Pesantren Roudlotul Anwar
Hasil keputusan
Bahtsul Masa’il ke 3
PP. Putri Roudlotul Anwar
06 OKTOBER
2018
DESKRIPSI
MASALAH
Kamar mandi
adalah salah satu tempat yang identik dengan najis. Sehingga ketika hendak
keluar dari kamar mandi, kaki harus disucikan di tempat basuhan kaki yang mana
ukurannya itu lebih dari 2 qullah ( ketika menampung air ) yang terkadang
airnya itu tidak banyak, terkadang tercampur dengan detergen dan biasanya warna airnya itu
berubah.
Pertanyaan :
1. Bagaimana
hukum air yang ada pada basuhan kaki tersebut ?
Jawaban
: TAFSIL
(Diperinci)
Ø Suci
mensucikan, apabila airnya banyak (2 qullah atau lebih) dan sifatnya (warna,
bau, rasa) tidak berubah sebab najis
فتح المعين شرح قرة العين ص: 4
وشروطه أي الوضوء كشروط الغسل خمسة احدها ماء مطلق
فلا يرفع الحدث ولا يزيل النجس ولا يحصل سائر الطهارة ولو مسنونة الا الماء المطلق
غير مستعمل في فرض طهارة من رفع حدث أصغر أو أكبر
ولو من طهر حنفي لم ينو أو صبي لم يميز لطواف وإزالة نجس ولو معفوا عنه.
وغير متغير تغيرا كثيرا بحيث يمنع إطلاق اسم الماء عليه بأن
تغير أحد صفاته من طعم أو لون أو ريح ولو تقديريا أو كان التغير بما على عضو المتطهر
في الأصح
Ø Suci
tidak mensucikan, apabila berubah sebab barang vang suci seperti tercampuri
detergen
فقه العبادات الجز الاول ص:=52
الماء المتغير
بما خالطه من الطاهرات غير المجورة له اذا خالط الماء احد الطاهرات فتغير بها طعمه
او لونه اوريحه تغيرا فاحشا حتى لايعرف الا بهذا المخالط كماء الصبون وماء الورد
وماء العصير سلبت طهوريته واصبح طاهرا غير مطهر اه
Ø Mutanajjis,
apabila airnya sedikit tercampuri najis
متن
سفينة النجاة
افَصْلٌ
: المَاءُ قَلِيْلٌ وَكَثِيْر فَالْقَلِيْلُ: مَا دُوْنَ الْقُلَّتَيْنِ ٌ
وَالْكَثِيْرُ: قُلَّتَانِ فَأكْثَر وَالقَلِيْلُ: يَتَنَجَّسُ بِوُقُوْعِ
النَّجَاسَةِ فِيْهِ، وَإِن لَمْ يَتَغَيَّرْ وَالْمَاءُ الْكَثِيْرُ: لاَ
يَتَنَجَّسُ إِلاَّ إذا تَغَيَّرَ طَعْمُهُ، أَوْ لَوْنُهُ، أوْ رِيْحُهُ
Nb:
Air
yg berubah sebab tercampuri kotoran kaki (debu) hukumnya tetap Suci mensucikan
REFERENSI:
نهاية الزين
فى ارشاد المبتد ئين/ دار الكتا=ب العلمية / 2002م / 1442هج/ ص 17
ومنه ما اذا تغيرماء المغاطس ابدان المغتسلين, وماء الفساقي
بأوساخ ارجل المتوئين فانه لا يضر ولو كثير التغير
اعانة
الطالبين الجزء الاول ص:60
قوله (لا تراب) اي لان كان التغير بتراب فانه لايضر
لموافقته للماء في الطهورية ولان تغير ه به مجرد كدورة
Lintas Madzhab:
Menurut madzhab
Maliki suatu najis kering bila mengenai benda suci yang basah, benda suci yang basah
itu tidak menjadi najis dengan syarat benda najis tersebut sudah tidak berbekas
dan berubah statusnya menjadi najis hukmiyah.
Dalam kitab Al-Muyassar Inda Qauli Khalil,
hlm. 1/51, dikatakan:
ولو زال عين النجاسة... لم يتنجس ملاقي محلها، قال: لأنه لم يبق إلا الحكم وهو لا ينتقل، ولذا لو جف البول حتى لم يبق له أثر ولاقى محله طعام مبلول لم ينجس لأن البول لا عين له،
Artinya: Apabila benda najis sudah hilang .. maka tidak menjadi najis dengan menyentuh tempat najis tersebut. Karena, tidak ada yang tersisa kecuali hukum (yakni najis hukmiyah) sedangkan najis hukmiah tidak menularkan najis. Oleh karena itu, apabila kencing mengering sampai tidak ada lagi bekasnya lalu tempat tersebut ditempati makanan basah, maka makanan itu tidak najis karena kencing itu tidak ada bendanya.
Ttd
PENGURUS
BMW PUSAT
Komentar
Posting Komentar